APA YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA BERMINAT INVESTASI SAHAM?

Dibuat oleh Ahmad Mufti Maulana, *M. Elfan Kaukab (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Indonesia)

  • elvan kaukab
  • Ahmad Mufti Maulana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi minat investasi sahampada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo.MetodologiPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh mahasiswa FEB yang terdaftar di Galeri Investasi FEB UNSIQ. Analisis menggunakan regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan investasi, kebijakan modal minimal investasi, pelatihan pasar modal, dan motivasi berpengaruh positif terhadap minat investasi saham.Penelitian ini menjelaskan bagaimanapengaruh pengetahuan investasi, kebijakan modal minimal investasi, pelatihan pasar modal, dan motivasi terhadap minat investasi saham, sehingga dapat dijadikan informasi bagi Galeri Investasi FEB UNSIQ terkait faktor-faktor yang dapat mempengaruhiminat investasi saham.Keterbatasan penelitian ini hanya menggunakan sampel terbatas pada mahasiswa FEB UNSIQ sehingga  hasil penelitian tidak dapat digeneralisasi.Untuk penelitian-penelitian berikutnya diharapkan dapat memperluas sampel dan menggunakan variabel bebas yang belum digunakan dalam penelitian ini yang dapat mempengaruhi minat investasi saham seperti risiko, kondisi keuangan mahasiswa dan return sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik.


 


Kata kunci :     pengetahuan investasi, kebijakan modal minimal investasi, pelatihan    pasar modal, motivasi,  minat investasi saham.

Published
Jun 1, 2020
How to Cite
KAUKAB, elvan; MAULANA, Ahmad Mufti. APA YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA BERMINAT INVESTASI SAHAM?. Jurnal Ilmiah Neraca FEB - UMPP, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 1-13, june 2020. ISSN 1829-8648. Available at: <http://jurnal.stiemuhpekalongan.ac.id/index.php/nrc/article/view/147>. Date accessed: 22 sep. 2020.
Section
Articles